Keajaiban Enzim Awet Muda

7, November 2015 2 years yang lalu Posted in Buku
Keajaiban-Enzim-Awet-Muda-Hiromi-Shinya-MD1

Dr. Hiromi Shinya, M.D.

Air Kangen

Dioksin, polutan, zat aditif makanan, dan karsinogen, semuanya akan dapat dieksresikan keluar tubuh oleh air yang baik. Agar sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik, air yang baik mutlak diperlukan.

Air memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia, tetapi fungsi terbesarnya adalah melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme. Air juga mengaktifkan flora bakteri usus dan enzim-enzim, serta untuk pembuangan limbah dan racun. Dioksin, polutan, zat aditif makanan, dan karsinogen, semuanya akan dapat dieksresikan keluar tubuh oleh air yang baik . Fungsi-mikro air adalah adalah sebagai zat gizi, juga untuk menerima dan membuang limbah dari 60 triliun tubuh sel.

Air tidak hanya terkandung di dalam darah, juga berperan penting dalam aliran getah bening. Sistem pembuluh getah bening tubuh manusia berlaku seperti pipa air limbah. Sistem ini mengemban fungsi-fungsi penting pembersihan, penyaringan, dan pengangkutan kelebihan air, protein dan limbah melalui aliran darah. Di dalam pembuluh getah bening, terdapat antibodi yang disebut globulin gamma (memiliki fungsi kekebalan tubuh) dan enzim-enzim yang disebut lisosim (yang berefek antibakteri). Agar sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik, air yang baik mutlak diperlukan .

Di dalam tubuh seorang manusia, jika air tidak tersalurkan dengan baik, orang tersebut tidak hanya akan mengalami kekurangan gizi, bahkan limbah dan racun dalam sel-selnya akan terakumulasi. Dalam kasus terburuk, racun yang terakumulasi akan merusak gen sel sehingga dapat menyebabkan sejumlah sel menjadi bersifat kanker .

“air yang baik” berarti “air dengan daya reduksi yang kuat yang belum tercemar oleh zat-zat kimia”.

Minumlah air yang memiliki kekuatan reduksi yang kuat, yang belum terpolusi oleh zat-zat kimia. Minumlah “air yang baik” seperti air mineral yang memiliki banyak kalsium dan magnesium, menjaga tubuh Anda tetap pada pH basa yang optimal.

Anda dapat menggunakan elektrolisis untuk dapat menghasilkan air dengan kemampuan reduksi yang kuat. Air Kangen adalah nama perangkat pemurnian air buatan Jepang> yang berfungsi untuk hal tersebut

“Air yang Baik”, Air dengan Sifat Deoksidasi Kuat

Ketika mengatakan “air yang baik”, saya tidak percaya ada orang yang berpikir air ledeng cocok dalam definisi ini. Selain klorin, yang digunakan sebagai desinfektan, air ledeng juga mengandung dioksin dan karsinogen. Air ledeng memenuhi syarat tingkat keamanan tertentu untuk zat-zat ini, tetapi kenyataannya air ledeng masih tetap mengandung racun. Air ledeng disterilkan dengan klorin. Tahukah anda mengapa klorin dapat membunuh bakteri dalam air? Ketika klorin ditambahkan ke dalam air, sejumlah besar radikal bebas dihasilkan di dalam air. Mikroorganisme akan mati akibat radikal bebas ini dan karena itu orang-orang beranggapan bahwa air ini telah “bersih”. Meskipun mikroorganisme mati dengan menggunakan metode sterilisasi ini, pada saat yang sama, air itu sendiri akan teroksidasi. Inilah cara air ledeng menjadi air teroksidasi.

Tingkat oksidasi air dapat diukur dengan suatu perhitungan yang disebut “potensial listrik oksidasi-reduksi” Oksidasi adalah proses saat elektron melepaskan diri atau terambil dari molekul. Reduksi adalah proses sebaliknya, yaitu saat elektron diterima oleh molekul. Berdasarkan pengukuran terhadap elektron yang berfluktuasi tersebut, kita dapat menentukan apakah air akan dioksidasi atau direduksi oleh zat lainnya. Oleh karena itu, semakin rendah potensial listrik (arah negatif), semakin kuat daya reduksinya (kekuatan untuk mereduksi zat lain); semakin tinggi potensial listrik (arah positif), semakin kuat daya oksidasi air tersebut (kekuatan untuk mengoksidasi zat lain).

Dengan melihat ini, nilai numerik kebanyakan air ledeng menunjukkan jenis air dengan potensi oksidasi yang tinggi. Ini terutama terjadi di kota-kota besar seperti Tokyo yang memiliki air ledeng dengan nilai oksidasi yang sangat tinggi, yaitu 600-800.

Jadi, air jenis apakah yang merupakan air dengan daya reduksi yang tinggi?

Anda dapat menggunakan elektrolisis untuk dapat menghasilkan air dengan kemampuan reduksi yang kuat. Air Kangen adalah nama perangkat pemurnian air buatan Jepang yang berfungsi untuk hal tersebut. Ketika elektrolisis terjadi pada perangkat ini, mineral seperti kalsium dan magnesium yang terkandung dalam air akan menempel pada katoda. Akibatnya, air yang telah diberikan perlakuan secara elektris dapat mengandung lebih banyak mineral. Selanjutnya, ketika elektrolisis terjadi, hidrogen aktif juga diproduksi, yang bekerja untuk menghilangkan radikal bebas berlebih dari dalam tubuh. Ketika air melewati zat pembersih ini, baik klorin maupun bahan kimia lain yang ditemukan dalam air ledeng dapat dibuang sehingga akan dihasilkan “air yang baik”.

Singkatnya, “air yang baik” berarti “air dengan daya reduksi yang reduksi yang kuat yang belum tercemar oleh zat-zat kimia”.

Di antara berbagai mineral yang ditemukan dalam air, kalsium dan magnesium yang terutama penting bagi manusia. Bahkan, keseimbangan kedua mineral ini menjadi sangat utama. Kalsium yang masuk ke dalam tubuh tidak bertempat dalam cairan diluar sel, tetapi sebaliknya, yaitu tetap berada dalam sel. Ketika kalsium bertumpuk dalam sel, keadaan ini akan menimbulkan arteriosklerosis dan tekanan darah tinggi. Namun, jika magnesium dengan jumlah yang tepat dikonsumsi pada saat yang sama, hal ini akan dapat mencegah akumulasi kelebihan kalsium dalam sel.

Air Kangen adalah air terionisasi dengan strukturisasi ulang yang diproduksi oleh sistem pemurnian Air Kangen yang dibangun di Jepang. Saya percaya bahwa air ini dapat menjadi dukungan tak ternilai untuk membantu Anda membersihkan dan merevitalisasi sel-sel Anda.

Minumlah air yang memiliki kekuatan reduksi yang kuat, yang belum terpolusi oleh zat-zat kimia. Minumlah “air yang baik” seperti air mineral yang memiliki banyak kalsium dan magnesium, menjaga tubuh Anda tetap pada pH basa yang optimal.

Sebagian orang mungkin beragumen bahwa penuaan adalah takdir alamiah manusia. Suatu proses saat sel-sel yang teroksidasi oleh radikal bebas dan rusak sebanding dengan proses berkembangnya penyakit seperti kanker dalam tubuh seseorang. Namun, jenis penuaan ini bukannya tidak dapat dihindari dan tidak boleh dianggap sebagai suatu proses alamiah penuaan. Proses penuaan adalah kemunduran metabolisme sel dan penurunan fungsional yang bertahap.

Satu hal penting lain yang dapat Anda lakukan dengan perangkat Air Kangen Anda adalah kemampuannya menghasilkan air asam kuat. Air ini adalah air dengan pH sangat rendah, yaitu 2,5. Air asam kuat adalah bahan antibakteri yang kuat sehingga sangat baik digunakan untuk mencuci buah-buahan dan sayuran mentah segar Anda, tukak diabetes, dan masalah kulit lainnya. Menggunakan air asam kuat daripada bahan kimia beracun adalah contoh lain cara kita bekerja sama dengan alam untuk meningkatkan kemampuan ajaib tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.


Defisiensi Mineral

Sekitar 3% tubuh manusia terdiri dari sejumlah mineral. Mineral-mineral ini digolongkan terutama menjadi dua kelompok: (1) mineral makro dan (2) mineral mikro.

Kalsium adalah contoh mineral makro. Dari seluruh mineral, kalsium inilah yang sebagian besar kita butuhkan. Kita semua mengetahui bahwa kalsium adalah pembentuk tulang tubuh. Tapi selain itu, sekitar 1% dari total kalsium tubuh digunakan oleh darah, saraf, dan otot. Kadar 1% kalsium ini memainkan peranan penting dalam pemeliharaan tubuh. Kadar ini terlibat dalam sejumlah kegiatan fisiologis, seperti pembekuan darah, transmisi impuls saraf, perangsang pengeluaran hormon, dan fasilitasi gerakan otot polos.

Jika tidak terdapat cukup kalsium untuk dimasukkan ke dalam tubuh guna melaksanakan fungsi-fungsi vital, tubuh akan menyediakan kalsium dengan cara mengambil simpanan kalsium dari tulang kita. Jika kekurangan kalsium yang berasal dari makanan terus berlanjut, simpanan kalsium pada tulang akan habis, yang selanjutnya akan menyebabkan tulang rapuh dan pada akhirnya terjadilah osteoporosis.

Jauh sebelum osteoporosis terjadi, sebenarnya tubuh akan memberikan sinyal peringatan. Ketika ditemukan adanya kekurangan asupan kalsium dan terganggunya aktivitas kadar 1% kalsium tersebut, seseorang biasanya berubah menjadi lekas marah, tidak sabar, mengalami kelelahan, dan kehilangan motivasi.

Mineral tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita.Seluruh mineral diperoleh melalui makanan. Saya memilih kalsium, sebuah mineral yang popular, sebagai contoh untuk menggambarkan fungsi mineral dalam tubuh kita. Yang saya katakan tentang kalsium berlaku untuk seluruh jenis mineral lainnya. Setiap mineral memainkan perannya yang berbeda, tetapi masing-masing berperan penting mengatur proses biologis hidup manusia. Anda dapat melihat kekurangan salah satu mineral akan membahayakan kesehatan tubuh.

Hal ini juga berlaku untuk mineral mikro seperti besi, seng, tembaga, yodium dan juga selenium, meskipun kebutuhan kita akan setiap jenis mineral mikro jauh lebih kecil daripada kebutuhan kita akan mineral makro seperti kalsium, magnesium. dan kalium. Mineral makro tidak lebih utama daripada mineral mikro. Setiap mineral memiliki peranan dan fungsi tersendiri yang harus dilakukan bersama tim mineral lainnya dalam tubuh. Penting untuk menyediakan semua mineral ini, dan bukannya hanya berkonsentrasi pada beberapa di antaranya.

Seluruh mineral ini, bagaimanapun, ditemukan dalam perimbangan yang tepat dalam makanan berbasis nabati seperti buah-buahan, sayuran, sayuran laut (seperti kelp, hijiki, wakame) dan garam laut tanpa pengolahan. Mohon disadari bahwa Anda akan mengalami gejala kekurangan mineral jika makanan Anda hanya terdiri dari nasi atau roti olahan dan daging.


Sekutu Melawan Penuaan

VITAMIN, yang merupakan zat gizi lainnya di kelompok B, memiliki peran mirip mineral, yaitu berperan dalam mengatur kebidupan kita. Berbeda dengan mineral anorganik, vitamin terbuat dari beberapa komponen organic, tetapi tugasnya sama dengan mineral. Sejauh ini para ilmuwan telah mengidentifikasikan lebih dari 20 jenis vitamin, seperti A, B (B1, B2, B6 dan B12), C, D, dan E, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Salah satu fungsi vitamin adalah membuang sampah dalam sel-sel tubuh dengan tujuan memperbaiki dan meremajakan tubuh kita. Sampah ini dapat disebut oksidasi; saya menyebutnya penuaan. Efek oksidasi akan tampak di cermin, dan dengan berlanjutnya proses oksidasi, kulit semakin menua, keriput, dan kendur. Penuaan yang terlihat ini merupakan tanda bahwa oksidasi/penuaan sedang berlangsung di dalam tubuh. Seperti kulit, pembuluh darah, organ-organ dan otak juga kehilangan sifat kemudaannya. Sifat antioksidan yang ditemukan dalam vitamin C, E, dan B adalah zat gizi yang sangat diperlukan untuk mengendalikan proses penuaan.

Oksidasi dan Penuaan Dini

Ketika menarik napas, paru-paru kita akan mengambil oksigen dari udara, lalu oksigen dibawa oleh sirkulasi darah untuk dialirkan ke seluruh sel tubuh yang selanjutnya akan diubah menjadi energi. Selama proses ini, sebagian oksigen akan mengalami perubahan, yaitu kehilangan sebuah elektron. Keadaan itu berarti oksigen berubah dari O2 ke O, dan setiap atom O bersifat sangat reaktif terhadap molekul dan senyawa dalam tubuh. Ini terjadi karena oksigen menjadi tidak seimbang sehingga oksigen berusaha mencari elektronnya yang hilang. Atom-atom O ini dikenal sebagai radikal bebas atau oksigen aktif. Mereka sering mencuri elektron dari protein di dalam sel-sel kita sehingga protein-protein ini menjadi rusak akibat radikal bebas dan menjadi materi cacat-sampah sel.

Radikal bebas dapat muncul akibat stress shari-hari, pancaran gelombang elektromagnetik yang berasal dari komputer atau telepon seluler, pajanan berlebihan sinar ultraviolet, merokok, dan banyak lagi. Kehidupan modern kita, dengan kata lain, sering kali membahayakan kesehatan kita.

Tugas enzim-enzim khususlah membuat radikal bebas ini menjadi tidak berbahaya. Namun, ketika stress atau pajanan faktor lingkungan menjadi kronis, keadaan itu akan menjadi terlalu berat untuk ditangani hanya oleh enzim.

Sebagian orang mungkin beragumentasi bahwa penuaan adalah takdir alamiah manusia, tetapi proses yang dijelaskan ini adalah sesuatu yang tidak alami. Proses alami penuaan adalah berupa kemunduran metabolisme sel dan penurunan fungsional yang bertahap. Suatu proses saat sel-sel teroksidasi oleh radikal bebas dan menjadi rusak dapat disandingkan dengan proses berkembangnya penyakit seperti kanker dalam tubuh seseorang. Jenis penuaan ini bukannya tidak dapat dihindari dan tidak boleh dianggap sebagai suatu proses alamiah penuaan. Kita dapat mencegah penuaan dini jika secara teratur mengonsumsi makanan kaya antioksidan. Bahkan jika penuaan dini bukan masalah yang signifikan untuk Anda sekarang, Anda harus sigap melengkapi makanan Anda dengan makanan antioksidan super untuk meningkatkan dan melindungi tubuh, juga untuk mendapatkan lebih banyak energi sehingga Anda akan benar-benar berfungsi dan merasa lebih baik.


Lagi, karya fantastis lahir dari tangan Hiromi Shinya! Bagi saya, dia adalah dokternya dokter. Seorang tenaga kesehatan yang konsekuen dengan apa yang dia lakukan, menerapkannya dalam kehidupan keseharian, baik kepada diri sendiri maupun pasiennya.

Dia adalah figur dokter ideal masa depan, yang menempatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri sebagai garda depan dunia kesehatan, bukan mengandalkan obat atau upaya kuratif bersifat invasif lain.

Amat pantas dia menulis tentang konsep awet muda serta sehat dengan cara natural dalam buku ini. Walau lahir tahun 1935, penampilan dan kebugaran fisik beliau tampil jauh lebih muda daripada usia aslinya. Semua didapatkan tanpa meja operasi atau obat-obatan pelawan proses penuaan, tapi dengan pola hidup sehat natural yang konsisten.

Fakta ini membuat Dr. Shinya memiliki prestasi tersendiri, mampu bekerja tekun tanpa absen selama 40-an tahun masa kariernya. Menghasilkan catatan rekor yang sulit ditandingi, 300 ribu lebih pasien telah diperiksa dengan kecermatan yang mengagumkan.

Erikar Lebang, Penulis dan pemilik hashtag #KibulanSehat

Tulisan Dr. Shinya menjadi salah satu inspirasi saya untuk menulis dan menyebarkan ilmu dan pengetahuam pengobatan holistik. Beliau telah menemukan dan menyampaikan sebuah penemuan ilmiah kesehatan yang begitu sederhana dan elegan – tetapi berpengaruh besar dalam kesehatan setiap orang – dan realistis dilakukan setiap orang.

Tjok Gde Kerthyasa, B.H.Sc.(Hom.), A.D.Hom., Homeopath

Related Posts: